Terimakasih SEJARAH

Jadi ceritanya, saya nemuin “Peta Nusantara dan Asia tenggara” yang sudah terbingkai, yang kalo diliat sekilas sih b aja(biasanya Otong Koil bilang biasa aja dengan b aja :p). Di bagian belakang bingkainya, ada tulisan kalo peta tsb dibuat pada tahun 1616 oleh De Haan. Walo ga mirip 100%, tetep aja takjub.

Pertanyaannya adalah; Dengan cara apa manusia di zaman itu bisa ‘memotret’ bentuk geografis di belahan bumi kita. Apa terbang dengan balon udara? apa terbang dengan pesawat terbang? apa terbang dengan burung raksasa mistis dst dst? well, saya pribadi sih masih belum nemuin jawabannya, ato mungkin ngga perlu ada jawabannya.

Dari sumber yang saya dapet dari internet, Balon udara panas adalah teknologi penerbangan pertama oleh manusia, ditemukan oleh Montgolfier bersaudara di Annonay, Perancis pada 1783. Penerbangan pertama dengan manusia diadakan pada 21 November 1783, di Paris oleh Pilâtre de Rozier dan Marquis d’Arlandes.

Sumber lain pun bilang kalo Pesawat terbang yang lebih berat dari balon udara diterbangkan pertama kali oleh Wright Bersaudara (Orville Wright dan Wilbur Wright) dengan menggunakan pesawat rancangan sendiri yang dinamakan Flyer yang diluncurkan pada tahun 1903 di Amerika Serikat. Selain Wright bersaudara, tercatat beberapa penemu pesawat lain yang menemukan pesawat terbang antara lain Samuel F Cody yang melakukan aksinya di lapangan Fanborough, Inggris tahun 1910.

Kesimpulan dari sumber diatas dan segala kemungkinan yang ada, bentuk geografis di peta tsb dilukis/dipotret/diinget-inget :p oleh De Haan, terbang dengan menggunakan burung raksasa mistis.

CASE CLOSED.

Caption dibelakang bingkai.

Keren!

Sudah cantik di dinding saya.

Advertisements